VISI dan MISI MTs Negeri 9 Jember

 "VISI DAN MISI MTsN 9 JEMBER"


A. VISI MADRASAH

Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah

Visi "Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah" di MTS Negeri 9 Jember merupakan pandangan jangka panjang yang menjadi landasan dalam menjalankan proses pendidikan dan pembelajaran. Visi ini menggambarkan cita-cita dan harapan sekolah dalam menghasilkan siswa yang memiliki kualitas akademik dan moral yang tinggi.

Visi tersebut mencerminkan komitmen sekolah untuk menghasilkan siswa yang berkualitas, artinya siswa mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. MTS Negeri 9 Jember berusaha memberikan pendidikan yang komprehensif, memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa agar mereka memiliki kecakapan yang lebih baik dalam berbagai bidang.

Selain itu, visi tersebut juga menekankan pentingnya akhlakul karimah, yaitu perilaku yang baik, bermartabat, dan sesuai dengan ajaran agama. MTS Negeri 9 Jember berupaya untuk membentuk siswa yang memiliki nilai-nilai moral yang kuat, seperti integritas, kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kepedulian terhadap sesama. Dengan demikian, siswa tidak hanya pandai dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik.

Visi "Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah" menggambarkan komitmen sekolah dalam menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi positif dalam masyarakat. Diharapkan bahwa siswa yang kelak menjadi alumni MTS Negeri 9 Jember mampu menghadapi tantangan dunia modern, memiliki daya saing yang tinggi, serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Untuk mewujudkan visi tersebut, MTS Negeri 9 Jember melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang mendukung pembentukan siswa berkualitas dan berakhlakul karimah. Kurikulum yang disusun secara komprehensif, metode pembelajaran yang inovatif, pengembangan ekstrakurikuler yang variatif, serta pembinaan karakter dan moral menjadi bagian integral dari upaya mencapai visi tersebut.

Dengan visi "Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah", MTS Negeri 9 Jember berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pembelajaran yang terbaik kepada setiap siswa. Dengan demikian, diharapkan bahwa setiap lulusan MTS Negeri 9 Jember akan menjadi pribadi yang berdaya saing, berakhlakul karimah, dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa.

Dalam hal ini dapat di rangkum indikator sebagai berikut : 

Indikator sebagai rambu-rambu:

1. Berkualitas dalam bidang ekstrakurikuler pada tingkat nasional

2. Berkualitas dalam bidang prestasi belajar minimal dengan ratio kenaikan nilai 0,25 per tahun.

3. Berkualitas dalam proses pembelajaran yang ditopang oleh media pembelajaran dan nuansa agama

4. Berkualitas dalan sarana dan prasarana sesuai dengan standar nasional pendidikan. 

5. Peningkatan populis madrasah menjadi pilihan inovasi pertama. 

6. Peningkatan minimal penguasaan 2 bahasa asing.

7. Mahir dalam teknologi terapan yang mengacu pada life skill dan vocational skill. 

8. Memperlihatkan keteladanan dalam bersikap dan berperilaku sesuai ajaran Islam


B. MISI MADRASAH

Misi yang terkandung Visi "Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah" di MTS Negeri 9 Jember mengandung makna dan tujuan yang mendalam dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran. Misi ini merangkum upaya dan komitmen sekolah untuk menghasilkan siswa yang memiliki kualitas akademik yang tinggi serta akhlakul karimah yang baik.

Pertama, Pada misi ini mengandung makna bahwa MTS Negeri 9 Jember berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada setiap siswa. Berkualitas dalam konteks ini berarti memberikan pembelajaran yang efektif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Sekolah berupaya melengkapi siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan agar mereka siap menghadapi tantangan di masa depan.

Selain itu, misi ini juga menekankan pentingnya pembentukan akhlakul karimah pada setiap siswa. Akhlakul karimah merujuk pada perilaku yang baik, beretika, dan sesuai dengan ajaran agama. Sekolah berperan aktif dalam membentuk karakter siswa dengan nilai-nilai kejujuran, integritas, kedisiplinan, toleransi, dan kepedulian terhadap sesama. MTS Negeri 9 Jember memandang bahwa pengembangan akhlakul karimah menjadi landasan utama dalam membentuk pribadi yang bermartabat.

Misi "Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah" juga mencerminkan upaya sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Sekolah memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai untuk mengembangkan potensi siswa di berbagai bidang, seperti olahraga, seni, budaya, dan organisasi kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian, siswa didorong untuk mencapai prestasi yang membanggakan dan mengembangkan bakat serta minat mereka.

Selanjutnya, misi ini menggarisbawahi pentingnya kemitraan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. MTS Negeri 9 Jember aktif menjalin kerjasama yang harmonis dengan orang tua siswa, melibatkan mereka dalam proses pendidikan, serta menjaga komunikasi yang efektif. Sekolah juga berperan dalam kegiatan masyarakat dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak terkait guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Dengan memaknai misi "Terwujudnya siswa berkualitas dan Berakhlakul Karimah", MTS Negeri 9 Jember menjunjung tinggi pentingnya pendidikan yang holistik dan terpadu. Misi ini menjadi arah dan pedoman dalam setiap kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh sekolah, dengan tujuan untuk melahirkan generasi yang unggul dalam akademik, beretika, serta memiliki komitmen terhadap masyarakat dan bangsa. 

Dalam hal ini mdrasah merangkum dalam indikator misi sebagai berikut : 

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berbudaya berkualitas, kreatif dan inovatif

2. Membekali siswa dengan life KIill, balk general life KIill maupun spesific life KIill

3. Memadukan penyelenggaraan program pendidikan umum dan agama

4. Menghidupkan pendidikan ber-ruh Islam, menggiatkan ibadah, memperteguh   keimanan dan akhlakul karimah

5. Membangun ketauladanan, nasehat, hikmah dan kearifan, menjunjung tinggi nilai Qur'ani

6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas prestasi kegiatan ekstrakurikuler sampai dengan pencapaian preastasi tingkat nasional dan internasional

7. Mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan

8. Mengembangkan Silabus

9. Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

10. Mengembangkan sistem dan strategi penilaian

11. Melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan

12. Melaksanakan supervisi dan monitoring peoses pembelajaran

13. Meningkatkan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


by: teamofficialmtsn9jember


Post a Comment